Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanjung lolo: Jeruk nipis bisa jadi lahan bisnis menguntungkan

Info Sijunjung >> Tanjung lolo: Jeruk nipis bisa jadi lahan bisnis menguntungkan
selamat datang di infosijunjung. info sijunjung pada kesempatan ini dari Tanjung lolo yaitu mengenai potensi bisnis. potensi bisnis jeruk nipis yang sangat menguntungkan, saat ini warga tanjung lolo membutuhkan bibit jeruk nipis berkualitas.
artikel penjelasan berikut dikutip dari harian haluan. Sijunjung haluan- melalui sektor perkebunan masyarakat tanjung lolo dapat mendongkrak perekonomian. warga tanjung lolo, kecamatan nagari tanjung gadang, kabupaten sijunjung berharap adanya bantuan bibit jeruk nipis dari pemerintah.
hal itu untuk mengisi lahan kosong milik masyarakat yang terbengkalai. pengembangan budidaya jeruk nipis, kata wali nagari tanjung lolo yaitu ariyon misra, kata beliau ini sangat potensial sekali karena sesuai dengan iklim dan tanah tanjung lolo.
katanya sebelumnya sudah ada yang merasakan hasil yang memuaskan dari bisnis jeruk nipis ini dan masyarakat lain menjadi termotivasi untuk berkebun jeruk nipis seperti itu. dari segi potensi harga jeruk nipis, saat ini juga cukup tinggi dipasaran. menurut masyarakat tanaman jeruk nipis lebih mudah dikembangkan karena tidak membutuhkan perawatan rumit karena tidak mudah diserang hama, dan bisa tumbuh dengan mudah dengan kondisi lahan pertanian didaerah itu.

saat ini ada 34 kelompok tani siap menjadi pengelolah guna mengembangkan komoditas ini.
selain memanfaatkan lahan kosok masyarakat petani karet dinagari itu juga memaksimalkan lahan nya dengan menyelipkan tanaman jeruk nipis, upaya itu mampu meningkatkan produktivitas lahan masyarakat dan mampu memberikan hasil yang lumayan.

struktur tanah ditanjung lolo sijunjung memang sangat potensial dan produktif sekali, masyarakat harus memanfaatkan secara optimal.

dinilai pas penyampaian kepada nofi, karena nofi berada di komite II yang membidangi masalah pertanian , perkebunan disijunjung , masyarakat berharap kepada pak nofi untuk mengarahkan bantuan bibit kementrian pertanian untuk daerah sijunjung.

menanggapi aspirasi masyarakat itu, nofi mengatakan bantuan bibit yang diharapkan masyarakat bukan hal mustahil, menurutnya justru mendorong program pertanian dan perkebunan masyarakat. namun walaupun begitu, pgaknya berharap kepada pemerintah nagari setempat untuk juga melibatkan pemkab sijunjung, akan lebih mudai untuk memperjuangkan jika permintaan resmi dari pemda.

saat ini masyarakat tanjung lolo mulai mengisi lahan mereka sebagian saja, nanti jika sudah datang bibit dari pemerintah akan ditanami seluruh lahan kosong.

info sijunjung-tanjung lolo

itulah info sijunjung mengenai potensi bisnis jeruk nipis ditanjung lolo, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tanjung lolo: Jeruk nipis bisa jadi lahan bisnis menguntungkan"