Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sungai Yang Melewati Kabupaten Sijunjung!

Info Sijunjung >>

Sungai Yang Melewati Kabupaten Sijunjung!


Selamat datang, dikesempatan kali ini kita membahas tentang sungai yang ada dikabupaten sijunjung dan penjelasan serta pemanfaatannya oleh masyarakat kita. ada beberapa sungai besar seperti sungai batang ombilin, sungai batang sinamar, sungai batang palangki dan sebagainya. sungai sungai besar ini cukup banyak pemanfaatannya oleh masyarakat.
sungai yang ada disijunjung:

1. Sungai Batang Ombilin, Sungai ini berasal dari ombilin air danau singkarak yang sangat luas, mengalir sangat besar dan deras. masuk dari padang sibusuk menuju koto panjang-tanjung ampalu-tanjung-padang lawas dst..
sungai ini banyak dimanfaatkan warga seperti untuk menyuci, mandi, minum hewan ternak, bertani, mengairi sawah, pertambangan emas, mencari ikan, penambangan pasir, kerikil, dsb. air sungai ini adalah sungai besar yang sering jernih walaupun adanya penambangan emas. karena struktur batu dan kerikil yang banyak mampu menyerap ludak dengan cepat dan cepat menjernihkan air sungai.


2. Sungai Batang Sinamar, Sungai sinamar sering disebut demikian termasuk sungai besar yang datang dari daerah batusangkar memasuki kabupaten sijunjung melewati nagari guguak-padang laweh dst..
sungai ini juga cendrung bersih dan jernih disungai ini lebih jarang penambangan emas dibanding sungai ombilin namun kegiatan masyarakat sama, dan ikan disini lumayan banyak.

3. Sungai Batang Palangki, begitu orang menyebutnya karena muncul dari bukit dipalangki melewati muaro bodi kemudian kembali lagi kepalangki dan kemuaro sampai kepertemuan.

air sungai ini hampir tidak pernah jernih bukan berarti tidak pernah tapi sepanjang dan 5 tahun sebelumnya dari sekarang belum ada pernah jernih sekalipun. berbeda dengan 2 sungai diatas, sungai ini punya banyak kandungan lumpur dibanding kerikil dan pasir didasarnya sehingga penyerapan sangat lambat, namun ikan disini lumayan dan pertambangan emas juga marak. aktivitas masyarakat juga sama seperti sungai diatas.

Posting Komentar untuk "Sungai Yang Melewati Kabupaten Sijunjung!"