Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Di Sijunjung!

Info Sijunjung >> Kebiasaan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Di Sijunjung!

Hai sobat info sijunjung, pada kesempatan ini kita akan bahas topik seputar ramadhan dan menjelang lebaran di kabupaten kita sijunjung. kebiasaan itu adalah "main badia badia batuang" yah ini sangat unik dan sangat patut untuk diperbincangkan juga. karena rutinitas ini hampir tiap tahun dan tepat sebelum lebaran. . . sekarang saja dari sebulan menjelang bulan puasa ramadhan sudah rame badia badia batuang ko di tampek awak, khususnya dinagari tanjung kecamatan koto VII.
baca juga: 

Sudah Berapa Universitas Disijunjung? (Kampus sijunjung)


dimana kami sangat antusias bermain ini mulai dari anak anak sampai orang dewasa. tapi diantaranya banyak yang para pemuda, kebiasaan menyambut bulan ramadhan dengan badia badia batuang atau badia badia minyak tanah ini sudah ada sejak turun temurun sejak dahulu, dahulu setiap rumah sebelum bulan ramadhan dan sampai lebaran selalu dimeriahkan dengan badia badia batuang ini, namun sekarang sudah agak kurang banyak. namun tetap ada beberapa daerah

disijunjung yang mempertahankan tradisi ini , ini sama saja dengan memeriahkan ramadhan tanda gembira dan senang menyambut bulan berkah ini. walaupun sekarang tradisi ini berkurang dikarenakan mulai berkembangnya situasi moderen, dimana ini masa transisi dari adat istiadat ke dunia modern, tapi bukan berarti hal yang menyanangkan dilupakan bukan?..

yah badia badia batuang adalah sebuah permainan yang menyenangkan dan sangat menggembirakan..

apa manfaat badia badia batung ini bagi kita? manfaatnya adalah menimbulkan semangat akan bulan yang penuh berkah, bulan suci dan bulan anugrah, bulan terbaik dari 11 bulan lainnya.. dan memeriahkan dengan badia badia batung akan lebih membuat kita membara. selain membuat semangat dan menyenangkan dan juga karena tradisi , badia badia batung juga sebagai tantangan loh.. yah karena tidak sedikit alis mata yang habis disembur .. bermainnya juga punya teknik agar kita tidak punya alis yang botak. jadi dapat juga tantangannya, dapat juga semangat ramadhannya, banyak juga temannya dan lainnya.. mana batuangmu bro?
baca juga:

Sijunjung Butuh Generasi Yang Lebih Baik!

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Di Sijunjung!"