Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkebunan Kopi Cokelat Lebih Menjanjikan Dibanding Karet!

Info Sijunjung >> Perkebunan Kopi Cokelat Lebih Menjanjikan Dibanding Karet!

Info Sijunjung- Selamat Datang, masyarakat kab. sijunjung yang dominannya adalah petani karet melihat harga karet yang tidak seperti dulu, dulu diatas 10.000 sampai 18.000 dan sekarang beberapa tahun ini merosot menjadi rata rata diangka 5 ribuan. ini adalah ekonomi paling jelek yang dirasakan masyarakat kabupaten sijunjung, mengingat harga karet yang tidak kunjung naik berhektar hektar kebun karet dibiarkan terbengkalai , mereka lebih memilih untuk mencari pekerjaan lain yang lebih menjanjikan. seperti buruh bangunan, buruh tani ditempat orang,

baca juga:

Sejarah Berdirinya Kabupaten Sijunjung Secara Ringkas Padat!

kerja borongan, kerja sawah orang , menambang emas, kerja di batubara sampai ke pedagang, yang tadinya tidak tahu sedikitpun tentang perdagangan mereka mempelajari dan terjun disana. karena jika masih mengharapkan karet maka kebutuhan keluarga mereka tidak akan terpenuhi, dan anak menangis istri berontak dan sebagainya. namun ada juga beberapa petani karet yang tetap menggarap karet miliknya karena hanya memotong karet yang bisa dilakukannya, umumnya yang udah tua tua seperti ayah saya dan juga sanak saudara dan juga para tetangga.
baca juga: # Daftar Hotel Dan Penginapan Dikabupaten Sijunjung!
 karena masyarakat kebanyakan hanya bisa berkebun, hanya yang masih AGAK muda saja mencoba cari pekerjaan lain. namun beberapa masyarakat dan termasuk keluarga saya juga sekarang berkeinginan menebang semua pohon karet dan menggantinya dengan kopi cokelat. karena menurut obrolan dilapau ada masyarakat yang tetap jaya dan dia hanya memiliki kebun kopi coklat. setelah berbincang sangat lama katanya kopi cokelat tidak pernah semerosot karet dan juga selalu berbuah. dan banyak masyarakat berencana beralih ke kebun kopi cokelat karena menjanjikan dan juga lumayan mudah kerjanya gak susah2 lagi seperti memotong karet intinya banyak kemudahan. jika mengharapkan karet maka tidak akan kunjung membaik. .. sekian semoga bermanfaat.

dan lihat juga: Puncak anggrek sijunjung wisata alam nan mempesona!

Posting Komentar untuk " Perkebunan Kopi Cokelat Lebih Menjanjikan Dibanding Karet!"